Kamis, 07 April 2011

kroket kentang ayam sederhana ala Yeklin

JENG! JENG!

hari ini aku buat kroket kentang & sambal telur.

tapi yg akan dibahas disini adalah kroket kentang.

Bahan2:

- Kentang 1kg (goreng lalu dilumatkan)
- Wortel ukuran sedang 2bh (parut halus memanjang)
- Dada ayam filet 1 potong (kukus hingga matang, air kaldunya jgn dibuang. lalu ayam di suwir2)
- Daun sop atau daun seledri  2 batang ukuran sedang (dimedan rata2 bilangnya daun sop tapi di pulau jawa   dikenal daun seledri)
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya (kalo udah pake garam, pake penyedap rasa dikit aja biar gak keasinan)
- bawang putih 3 siung (cincang halus)
- minyak goreng utk menumis
- telur ayam 1 butir kocok lepas
- tepung panir

* kalo mau buat dikit porsi kentang, wortel & ayam boleh dikurangi sesuai selera.

cara membuat:
1. panaskan minyak, tumis bawang putih hingga berubah warna, masukkan wortel, daun seledri/daun sop, masak hingga layu. masukkan daging ayam yg udah disuwir & kaldunya. tambahkan garam & penyedap rasa. masak hingga matang. lalu angkat & sisihkan.

2. campur bahan yg sudah ditumis tadi bersama kentang yg udah dilumatkan. aduk hingga semua tercampur rata. bentuk sesuai selera. mau buat lonjong atau bulat atau petak atau apapun terserah anda. kalo aku sih buat agak oval.

3. kroket yg udah dibentuk tadi di gulingkan di kocokan telur lalu gulingkan lagi di tepung panir.

4. panaskan minyak goreng di wajan. goreng hingga kroket berubah warna kecoklatan.

5. angkat & hidangkan selagi panas bersama cabe rawit atau saus sambal botolan.










bon appetite.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar